Senin, 27 April 2009

Online Advertising : Yang wajib dan yang sunah

Dalam menjalankan online advertising, ada hal-hal yang sifatnya wajib dipahami karena merupakan hal yang basic dan harus dipenuhi untuk tercapainya impactful online advertising. Juga ada yang sifatnyasunna alias kalo ada akan sangat bagus, tapi jika tidak maka fungsi online itu pun akan tetap berjalan.

Elemen yang wajib itu adalah:

1. Pemahaman online user behavior. Kalau ngga paham hal satu ini, bagaimana bisa mendevelop content yang bikin online user jatuh cinta?

2. Pemahaman online user experience. Pernah dengar kalau 80% user meninggalkan site karena sitenya ngga nyaman alias membingungkan atau pun susah dibuka? Ini karena dibuat tanpa pemahaman online user experience. Sounds technical? Mungkin. Padahal TIDAK. Membangun site dengan berdasar pemahaman user experience itu hal yang sangat strategic dan harus berdasar pada pemahaman strategy marketing. Sebuah objektif marketing tidak akan pernah tercapai di online tanpa adanya development yang strategic alias berdasar pada pemahaman online user behavior. Sebuah toko berliandi US berhasil meningkatkan penjualan secara online hingga 80% setelah memperbaiki user experience site-nya.

3. Pemahaman online media. Ini lebih besar dari sekedar sebaiknya pasang banner di media apa, tapi juga perilaku konsumen ketika browsing, apa yang mereka buka pertama kali, apa fokus perhatian mereka, dari site A biasanya konsumen pindah ke site apa, media baru apa yang tumbuh dan potensi apa yang bisa dimanfaatkan dll. Luas sekali pembahasan soal media online, memang. tapi dengan paham ini, kita bisa menghemat biaya media exposure dalam jumlah signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar